Rabu, 27 Juni 2012

PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PERMINTAAN DAN PENAWARAN


PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PERMINTAAN DAN PENAWARAN

            Dalam buku ‘Masa Depan Ilmu Ekonomi:Perspektif Islam’, Dr. Umer Chapra menuliskan pandangan ilmuwan dan ekonomi Islam terkemuka Ibnu Khaldun, tentang penawaran dan permintaan.Ibnu Khaldun mengakui adanya pengaruh permintaan dan penawaran terhadap penentuan harga, jauh sebelum konsep itu dikenal di Barat. Istilah-istilah permintaan dan penawaran baru dikenal dalam literatur bahasa inggris pada tahun 1767. Akan tetapi peranan dan fungsi dari permintaan dan penawaran dalam penentuan harga di pasar baru dikenal pada dekade-dekade di abad ke-19.
            Ibnu khaldun menekankan bahwa kenaikan penawaran atau penurunan permintaan menyebabkan kenaikan harga, demikian pula sebaliknya. Ia percaya bahwa akibat dari rendahnya harga pasar akan merugikan perajin dan pedagang, sehingga mereka keluar dari pasar, sedangkan akibat drai tingginya harga akan menyusahkan konsumen, terutama kaum miskin yang menjadi mayoritas dalam sebuah populasi. Karena iti Ibnu Khaldun berpendapat ahwa harga rendah untuk kebutuhan pokok harus diusahakan tanpa merugikan produsen.
            Dengan kata lain, Ibnu Khaldun berpendapat bahwa tingkat harga yang stabil daan biaya hidup yang relatif rendah adalah pilihan yang terbaik dengan tetap mengusahakan pertumbuhan dan keadlan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
            Faktor yang mempengaruhi penaawaran menurut Ibnu Khaldun adalah banyaknyaa permintaan tingkat keuntungan relatif (tingkat harga), tingkat usaha manusia (produktivitas), besarnya tenaga buruh termasuk ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki, keamanan dan ketenangan, serta kemampuan teknik dan perkembangan masyarakat secara keseluruhan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi permintaan adalah pendapatan, jumlah penduduk, kebiasaan dan adat istiadat masyarakat, serta pembangunan dan kemakmuran masyarakat secara umum.
            Jelaslah bahwa ilmuwan Islam besar seperti Ibnu Khaldun telah memikirkan konsep penawaran dan permintaan dan keseimbangan harga, lengkap dengan pembahasan nilai-nlai moral dan keagamaan, jauh sebelum ekonom barat memualinnya dalam teori ekonomi modern.
Sumber :Pengenalan Eksklusif Ekonomi Islam oleh Sulistyoningsih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar