Sabtu, 16 Juni 2012

PAY-FOR-PERFORMANCE


PAY-FOR-PERFORMANCE

            Sejak awal tahun 1980-an, perusahaan berusaha mengendalikan gaji ‘yang hilang’ dengan menerapkan sistem pay-for-performance, perusahaan lebih memilih untuk memberikan penghargaan kepada individu yang bekerja sangat baik melalui bonus daripada menaikkan gaji bulanan. Strategi pay-for-performace ini juga memungkinkan manajemen untuk menekan biaya buruh sekaligus memotivasi pekerja untuk bekerja lebih keras.
            Seperti General Motors (GM), misalnya. Perusahaan ini berpendapat bahwa,” agar dapat memperrlakukan orang secara adil, kamu harus memperlakukan orang dengan cara berbeda-beda.” Saat ini GM membuat rangking untuk pekerjannya. Manajer membuat daftar karyawan yang masuk ke dalam 10% teratas, 25%, 55%, dan 10% terbawah. Dengan demikian, pendapatan pekerja tergantung pada keberhasilan individu.
            Biasanya bila pekerja melakukan tugasnya dengan baik, ia akan menerima gaji yang lebih tinggi. Kenaikan ini dibagi per bulan hingga kenaikan berikutnya. Hal ini dapat menambah beban perusahaan karena tunjangan dan pensiun terkait dengan gaji. Bila gaji naik, maka yang lain akan naik dan menambah beban perusahaan.
            Dengan adanya pay-for-performance, bonus yang diterima pekerja bertambah, namun gajinya tetap tetap. Tunjangan dan pensiun tidak ikut naik karena bonus tidak terkait dengan gaji. Lagipula, bonus dapat terlihat lebih berharga karena bonus Rp 1,2 juta, misalnya, lebih kelihatan besar daripada kenaikan gaji Rp 100,000 per bulan.
            Pemberian bonus juga lebih fleksibel, bila perusahaan dalam kondisi baik, perusahaan dapat memberikan bonus yang lebih tinggi, namun bila perusahaan dalam kondisi kurang menguntungkan, maka karyawan dapat memahami kondisi tersebut. Pekerja yang melakukan tugasnya dengan sangat baik juga dapat menerima bonus yang sangat besar sementara mereka yang tidak bekerja dengan baik tidak akan menerima bonus sama sekali.
Sumber: Wahyu Adji dkk, Ekonomi SMA Kelas XI (Erlangga:2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar